Senin, 27 Agustus 2012

Petualangan Masa Kecil

Yang aku ingat pertama kali melakukan traveling atau dulu biasa disebut piknik atau rekreasi yaitu saat perpisahan kelulusan di TK (Taman Kanak-Kanak), Saat itu agenda wisatanya ke Kebun Binatang Surabaya, sebuah kebun binatang yang cukup terkenal hingga saat ini.

Tak banyak yang aku ingat tentang masa itu, bahkan mungkin teman-teman TK ku pun ada yang aku lupa, kenangan yang membekas saat itu adalah ketika mobil kami melewati polisi yang bertugas, aku ingat pak sopirnya minta supaya anak-anak kecil disuruh merunduk. Mungkin takut ketahuan polisis kalau mobilnya kelebihan muatan. Maklum saja saat itu kan kami ditemani orang tua kami, jadi mobilnya penuh. Kalau mengingatnya lucu juga yaa.:))

Berlanjut saat aku menginjak kelas satu sekolah dasar, saat dimana aku mulai menyukai dunia traveling ini. Perjalananku saat itu menuju Jakarta. Sebuah kota metropolitan yang sebelumnya mungkin hanya aku lihat di TV, perjalanan ini merupakan program koperasi yang ayahku ikuti dan aku diajak untuk ikut serta. Aku ingat tahun saat itu adalah 1994, sebelum masa reformasi tentunya. Jakarta tentu saja belum macet seperti sekarang, masih banyak empang, dan gedung-gedungnyapun belum banyak seperti sekarang.

Asrama haji pondok gede, disitulah tempat kami menginap selama ada di Jakarta. Selama 3 hari 2 malam kami bepetalang menyusuri wahana-wahana wisata Jakarta, polusi belum seperti sekarang, busway belum ada, saat itu kami mengunjungi : Lubang Buaya, TMII, Monas, Istiqlal, Dufan, dll

Saat di Lubang Buaya
 
Yang aku ingat saat itu pergi ke Lubang Buaya adalah Kisah-kisah pembantaian PKI di dalam museum yang cukup mengerikan, soalnya pada saat itu film G30S/PKI merupakan salah satu film favorit karena selalu diputar setiap tahun setiap tanggal 30 september, jadi saat melihat lubang buaya secara langsung kengerian itu muncul. Dan sampai saat ini (2011) aku belum pernah kesana lagi, sepertinya sih sudah berubah total.
 
Dari Lubang Buaya berlanjut ke Taman Mini Indonesia Indah, saat itu TMII merupakan tujuan wisata baru yang menarik. tiket masuknya kalau tidak salah masih  Rp 2000 - 3000  saja Yang paling aku ingat saat menonton film di dalam keong mas dengan lagu "rayuan pulau kelapa" dan "tanah air", sampai saat ini saat mendengar dua lagu itu kadang terlintas sekelibat kenangan tentang masa kecilku itu. 
 
Saat di TMII "Keong Mas"
 
Terakhir ke Monas dan Dufan, tentunya belum ada Halilintar, dan permainan-permainan menegangkan seperti sekarang, yang paling menakutkan saat itu adalah rooler coaster yang seperti tidak ada apa-apanya dengan wahana yang ada di dufan sekarang.
 
Setelah 3 hari perjalanan menjelajah jakarta akhirnya saatnya balik ke Tuban, kampung halamanku. Tak lupa mampir pula di masjid demak yang merupakan peninggalan walisongo yang cukup terkenal itu.
 
Masjid Agung Demak

Semenjak saat itu, aku mulai tertarik untuk melakukan penjelajahan-penjelajahan lain, dan menemukan berbagai bentuk ragam kehidupan melalui traveling-traveling yang kulakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar